9 Cara Menghitung Diskon dengan Mudah, Cepat dan Benar

Cara Menghitung Diskon

Terdapat banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk bisa menghibur diri, seperti dengan berbelanja. Belanja merupakan kegiatan yang paling disenangi banyak orang, terutama wanita.

Proses belanja bukan hanya aktivitas melihat berbagai barang saja, namun Anda juga bisa membeli barang yang dibutuhkan. Anda bisa memanfaatkan adanya diskon. Bagaimana cara menghitung diskon?

Diskon adalah suatu potongan yang digunakan oleh penjual atau perusahaan. Adanya diskon bisa membantu mendapatkan perhatian calon konsumennya.

Diskon seringkali diberikan dalam bentuk persenan seperti 10%, 20% atau bahkan 90% sekalipun. Saat ini, banyak sekali bentuk diskon. Sebaiknya Anda mengetahui cara untuk menghitung diskon dengan benar sebelum berbelanja.

Cara Pintar Hitung Diskon

1. Cara Menghitung Diskon % atau % Off

Rumus : harga awal – (diskon/100) x harga = harga jadi

Apakah Anda pernah melihat beberapa toko atau bahkan perusahaan yang menawarkan potongan harga atau diskon namun ditulis dengan diskon…%…%Off?

Jika pernah, mari kita mengetahui bagaimana cara mudah untuk menghitung diskon dengan model potongan harga yang satu ini. Anda bisa menggunakan rumus harga awal lalu dikalikan dengan diskon yang ada.

Caranya, lihatlah berapa harga barang atau produk yang Anda inginkan beserta persenan diskon yang diberikannya.

Lalu, mulailah hitung keuntungan yang bisa Anda dapatkan, dengan menggunakan rumus Harga Awal – (Diskon/100) x harga= harga jadi.

Hasil inilah yang akan menjadi harga yang harus Anda bayarkan jika menemukan model diskon seperti ini.

Baca Juga :   Cara Menghitung HPP (Harga Pokok Penjualan) dan Contoh

2. Cara Menghitung Diskon …% + …%

Rumus : harga awal – (diskon pertama) = hasil – (diskon kedua) = harga jadi

Memang tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan rumus diskon pertama, namun bentuk diskon ini memang dinilai membuat beberapa orang bingung dengan cara menghitungnya.

Hal ini disebabkan terdapat dua potongan atau diskon yang diberikan secara sekaligus atau bersamaan. Cara menghitung diskon yang satu ini sangatlah mudah.

Dengan potongan diskon …%+…%, bukan berarti Anda dapat membeli produk atau barang tersebut dengan diskon persenan yang dijumlah.

Namun, jenis diskon yang satu ini memiliki arti bahwa harga awal produk dapat dikurangi dengan diskon pertama. Hasilnya dapat dikurangi kembali dengan diskon kedua yang diberikan.

Jika masih bingung, Anda bisa melihat rumus yang sudah Kami berikan. Nantinya, jika perhitungan sudah dilakukan, maka akan didapatkan nilai atau harga akhir dari pembelian yang harus Anda dibayarkan.

3. Cara Menghitung Buy … Get … Free

Rumus: harga awal x Jumlah barang yang didapat – total harga barang dengan harga yang wajib dibayar

Bukan hanya persenan saja, jenis diskon yang satu ini juga seringkali muncul di pusat perbelanjaan manapun untuk menarik perhatian pembeli.

Biasanya, promo ini juga dilakukan, untuk membuat store mendapatkan keuntungan lebih karena tidak sedikit orang yang tertarik. Namun banyak yang tidak mengetahui, bahwa jenis diskon yang satu ini memiliki hitungan sendiri.

Baca Juga : Cara Menghitung HPP (Harga Pokok Penjualan)

Saat Anda melihat sebuah promo yang menawarkan buy…get.., hal tersebut berarti bahwa Anda sama saja seperti melakukan pembelian atas kedua atau lebih barang tersebut.

Anda dapat menghitung diskon yang di dapatkan. Tentunya dengan melihat berapa harga awal yang dimiliki oleh barang atau produk tersebut. Kemudian, kalikan dengan jumlah buy.

Setelah itu, hitung kembali harga awal dengan jumlah barang yang akan Anda dapatkan. Termasuk juga dengan barang get yang akan didapatkan.

Baca Juga :   1 Tahun Berapa Hari? (Bulan, Minggu, Jam, Menit, Detik)

Dengan hasil yang sudah dihitung, itulah berapa besarnya potongan harga yang akan Anda peroleh dengan adanya diskon tersebut.

4. Cara Menghitung Promo Cashback

Selain beberapa jenis potongan harga yang ada, satu lagi promo diskon yang tidak kalah menarik dan saat ini sedang populer.

Promo cashback merupakan salah satu bentuk dari promosi yang dilakukan dan dianggap sebagai cara menguntungkan untuk bisa mendapatkan uang tunai saat pembelian. Namun, promo ini memang seringkali diberikan dalam bentuk voucher.

5. Cara Menghitung Diskon untuk Pembelian Selanjutnya

Rumus : hitung besaran diskon yang di dapatkan dari kedua barang, cari persentase dan bandingkan dengan nilai yang akan didapatkan.

Bentuk lain dari potongan harga yang biasa diberikan adalah diskon..% untuk setiap pembelian berikutnya. Biasanya, jenis potongan yang satu ini tidak sedikit menarik perhatian orang banyak.

Cara menghitung bentuk diskon yang satu ini juga tergolong mudah. Anda tinggal melihat berapa harga yang harus Anda bayarkan untuk setiap pembelian pertama sebuah produk.

Baca Juga : Cara Menghitung IPK

Selanjutnya, hitunglah untuk pembelian kedua menggunakan rumus yang sudah diberikan. Nantinya, akan muncul total dari harga yang harus Anda keluarkan sebesar jumlah atau harga yang keluar dari perhitungan yang di lakukan.

Bahkan, Anda juga bisa melihat berapa persentase yang keluar atau di dapatkan.

Pengertin Diskon di Wikipedia (EN)

6. Cara Menghitung Diskon Up To…% Semua Barang

Saat melihat jenis diskon yang satu ini, pastinya semua orang langsung tertarik. Namun ,perlu dilihat bahwa persenan yang diberikan bukan jumlah persen diskon yang bisa Anda nikmati.

Persenan tersebut adalah total dari semua diskon yang diberikan oleh toko. Pastikan bahwa Anda mengenali berbagai jumlah diskon yang dimiliki oleh barang yang Anda inginkan.

Baca Juga :   Cara Menghitung IPK dengan Mudah, Cepat dan Benar

Tidak sulit bukan cara menghitung diskon? Dalam hal ini, diskon memang memiliki beragam jenis.

Pastikan bahwa Anda sudah mengetahui jenis diskon dan bagaimana cara menghitungnya dengan teliti untuk mendapatkan keuntungan yang banyak saat berbelanja.

Inilah salah satu tips berbelanja pintar yang dapat Anda lakukan dengan mudah saat berbelanja dengan hemat.

Contoh Cara Menghitung Diskon

Contoh 1.

Sumanto ingin membeli celana seharga Rp 1.000.000, karena pada saat itu sedang adanya promo diskon untuk setiap pembelian celana sebesar 30%. Berapakah total uang yang harus di keluarkan Sumanto untuk membeli celana tersebut setelah di potong diskon?

  • Harga Diskon : Harga awal x Persentase diskon
  • Harga Diskon : Rp 1.000.000 x 30%
  • Harga Diskon : Rp 1.000.000 x 30/100
  • Harga Diskon : Rp 300.000

Nah, setelah kita mengetahui nominal dari diskon barulah kita mencari harga akhir barang setelah di diskon caranya seperti berikut =

  • Harga Akhir : Harga awal – Harga diskon
  • Harga Akhir : Rp 1.000. 000 – Rp 300.000
  • Harga Akhir : Rp 700.000

Contoh 2.

Budianduk ingin membeli sebuah laptop untuk memenuhi kebutuhan kuliahnya seharga Rp 5.000.000, kebetulan pada saat Budianduk datang toko tersebut sedang mengadakan diskon besar-besaran untuk setiap orang yang berbelanja barang seharga Rp 5.000.000 akan mendapatkan diskon sebesar 40%. Jadi, berapakah jumlah uang yang harus di keluarkan Budianduk untuk membeli laptop tersebut setelah di potong diskon?

Diketahui : 

  • Harga Laptop : Rp 5.000.000
  • Harga Diskon : Harga awal x Persentase diskon
  • Harga Diskon : Rp 5.000.000 x 40%
  • Harga Diskon : Rp 5.000.000 x 40/100
  • Harga Diskon : Rp 2.000.000

Ditanyakan :

  • Harga Akhir : . . . . . ?
  • Harga Akhir : Harga awal – Harga diskon
  • Harga Akhir : Rp 5.000.000 – Rp 2.000.000
  • Harga Akhir : Rp 3.000.000

Jadi, jumlah uang yang harus di keluarkan Budianduk untuk membeli laptop tersebut adalah Rp 3.000.000

Bagaimana teman-teman apakah sudah mengerti semua?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.