Cara Menghitung IPK dengan Mudah, Cepat dan Benar

Cara Menghitung IPK

Untuk Anda yang baru saja merasakan pengalaman baru duduk di bangku perkuliahan, tentunya Anda akan merasakan pengalaman yang tidak bisa di lupakan.

Dunia perkuliahan memiliki dunia yang sangat berbeda, jika dibandingkan dengan dunia sekolah. Hal ini termasuk dengan cara menghitung atau sistem penilaian atau IPK, dan cara menghitung IPK yang harus Anda ketahui.

Perhitungan IPK merupakan salah satu perhitungan, dimana semua mata kuliah yang ada digabungkan menjadi satu. Dalam hal ini juga penggabungan di lakukan, atau ditempuh hingga satu semester tertentu yang sudah ditentukan.

Untuk perhitungan pada IPK sendiri, memiliki kisaran 0 atau yang sering digambarkan dengan E, hingga 4 atau A yang menjadi nilai yang paling baik dan diinginkan.

Cara Menghitung IPK Mudah

1. Cobalah mencari tahu jenis kelas yang diikuti

Tentunya dalam perkuliahan, setiap kelas memiliki bobotnya sendiri atau bahkan lebih tinggi untuk sebuah perhitungan IPK.

Setiap jenis kelas juga memiliki bobotnya sendiri, seperti untuk Anda yang menempuh kelas regular maka akan memiliki bobot 1. Hal ini juga dikatakan sebagai nilai yang tidak akan berubah. Untuk bobot yang dimiliki kelas lainnya juga berbeda.

Salah satu contohnya adalah, untuk kelas yang khusus biasanya menggunakan atau memberikan bobot yang cukup tinggi seperti 1,05.

Kelas lainnya juga seperti kelas AP atau memang kelas yang sudah mahir, memberikan bobot tinggi seperti 1,1. Dengan cara yang diberikan, Anda sudah bisa menghitung IPK dengan melihat kelas apa saja yang diikuti.

Baca Juga :   Cara Menghitung HPP (Harga Pokok Penjualan) dan Contoh

Cobalah untuk memisahkan kelas apa saja atau tipe kelas apa saja yang Anda ikuti, agar bisa mengetahui bobot IPK yang dibutuhkan. Nantinya cara ini juga akan memberikan kemudahan, dalam perhitungan yang akan Anda lakukan.

2. Mengalikan nilai dengan bobot

Setelah Anda selesai dalam mencari tahu atau mengetahui bobot yang dibutuhkan, Anda sudah dapat mengkalikan nilai dengan bobot yang Anda miliki.

Cobalah untuk mengkalikan nilai dengan bobot kelas yang Anda miliki satu persatu. Dengan cara ini, nantinya baru Anda bisa menghitung IPK yang Anda miliki, selama semester yang sudah ditentukan.

Baca Juga : Cara Menghitung HPP (Harga Pokok Penjualan) dan Contohnya

Cara ini akan membantu Anda untuk bisa mengetahui, berapa rata-rata yang memang Anda dapatkan selama satu semester

3. Mengetahui rata-rata

Rumus : (n+n+n…)/#n

Untuk bisa menghitung rata-rata yang ingin Anda dapatkan, Anda bisa menggunakan rumus yang sudah kami berikan. N disini dapat diartikan sebagai symbol, yang menandakan sebagai nilai.

Dengan cara mudah ini, Anda dapat secara langsung menjumlahkan semua nilai yang di dapatkan, lalu jangan lupa untuk melakukan pembagian dengan jumlah kelas yang Anda ikuti selama perkuliahan.

Jika sudah, jangan lupa untuk menambahkan semua angka atau nilai rata-rata yang Anda dapatkan. Setelah selesai, Anda sudah bisa mendapatkan nilai IPK tersebut dengan presentase yang Anda miliki.

Namun jika nantinya di lakukan perhitungan namun masih terlalu tinggi, Anda dapat langsung melakukan pengecekan kembali.

Untuk memudahkannya, Anda bisa menggunakan bantuan kalkulator yang akan memudahkan Anda. Jangan lupa untuk menggunakan tanda kurung, untuk meminimalisir pengurangan yang dirasa salah.

Pembahasan serupa di Wikihow

Tips Cara Menghitung IPK

1. Untuk beberapa perguruan tinggi, nantinya akan mengadakan beberapa tes khusus. Hal ini dilakukan untuk mahasiswa agar dapat mengetahui bagaimana cara menghitung IPK dalam skala apapun.

Baca Juga :   1 Tahun Berapa Hari? (Bulan, Minggu, Jam, Menit, Detik)

Bukan tanpa alasan, menghitung IPK memang berbeda dengan perhitungan nilai SMA dengan perguruan tinggi.

2. Ada beberapa perguruan tinggi atau bahkan universitas, yang akan memberikan penawaran mengenai penggunaan alat hitung IPK dan akan dilakukan secara online.

Dengan alat yang diberikan ini, maka akan sangat memberikan kemudahan untuk siapapun, yang ingin melakukan perhitungan IPK setelah memasukkan beberapa nilai yang dibutuhkan.

Hal tersebut dapat berupa nilai secara huruf, jam kredit dan juga bagaimana informasi tambahan kelas. Pastinya akan memudahkan Anda untuk bisa melakukan perhitungan IPK yang diinginkan.

Tips yang satu ini akan sangat berguna, baik untuk mengetahui IPK yang diinginkan atau dibutuhkan untuk kebutuhan perkuliahan.

3. Nantinya akan ada beberapa kartu laporan atau bahkan sebuah catatan siswa, yang akan mencantumkan IPK yang diberikan per semestrnya, triwulan atau bahkan term.

Namun kadang mereka juga akan mencantumkan beberapa nilai kumulatif yang dimiliki pada sebuah IPK.

4. Anda juga dapat mengingat, bahwa tidak semua sekolah yang akan menggunakan decimal berbeda. Namun sebagian besar sekolah nantinya melakukan proses perhitungan hingga poin 1 desimal yang ada.

Mungkin sekolah lainnya, akan mulai untuk perhitungan dengan menggunakan 2 poin desimal. Namun pastikan terlebih dahulu berapa jumlah desimal yang digunakan.

5. Dalam hal perhitungan IPK itu sendiri, ada beberapa universitas yang akan mempertimbangkan IPK per sesinya. Hal ini juga biasa disebut dengan SGPA dan juga IPK kumulatif atau yang biasa disebut dengan CGPA.

Untuk menghitung IPK ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, cara tersebut seperti yang sebelumnya sudah kami berikan.

Tentunya akan ada perbedaan tersendiri, antara SGPA dengan CGPA, hal ini hanya akan berbeda dengan nilai hurufdan juga bagaimana jam kredit yang lebih banyak.

Baca Juga :   Frontliner (CS/Teller) : Pengertian, Tugas, Jenis, Syarat

Hal ini akan mempertimbangkan bagaimana nilai IPK secara keseluruhan. Pastikan bahwa Anda dapat membedakan keduanya, sebelum melakukan perhitungan untuk IPK yang diinginkan.

Dengan mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk mengetahui cara menghitung IPK, tentunya Anda sudah dapat mengetahui sendiri bagaimana cara terbaik dan benar untuk mengetahui niulai IPK.

Bahkan dengan mengetahui nilai dan juga bobot kelas dari mata kuliah Anda, IPK sudah dapat diketahui dengan mudahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.