7 Doa Pernikahan serta 17 Keutamaan Menikah dalam Islam

Doa Pernikahan

Doa merupakan bentuk harapan seseorang kepada Tuhannya yang dilakukan sebagai cara untuk mendekatkan diri kepada Tuhan.

Dalam Islam, tiap pengharapan hendaknya diwujudkan dalam bentuk doa hanya kepada Allah SWT. Ada banyak doa dalam kehidupan kaum muslim , mulai dari doa makan, doa tidur, doa untuk mendapatkan rejeki, doa pernikahan dan masih banyak lagi.

Doa hendaknya diucapkan sebelum seseorang melakukan sesuatu. Doa sebaiknya dibaca sambil meniatkan hal baik agar setiap pekerjaan diberi kelancaran dan pelakunya diberi ketenangan.

Shalat dalam Islam juga adalah wujud kegiatan berdoa. Oleh karena itu umat Islam dianjurkan untuk berdoa setelah selesai melakukan ibadah wajib ini, termasuk ketika membaca saja doa pernikahan.

Pernikahan adalah moment suci yang dapat mempersatukan dua insan yang berlainan. Pernikahan bukan hanya pertemuan dua orang berbeda, tetapi juga pertemuan dua keluarga, dua kebiasaan dan dua karakter berbeda.

Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum pelaksanaan moment sakral tersebut. Mulai dari urusan dunia hingga urusan dengan Tuhan dalam bentuk doa pernikahan.

Doa pernikahan untuk Pengantin Baru

Ketika ada teman atau kerabat yang melakukan upacara pernikahan kenalannya pasti akan berdoa untuknya.

Termasuk membacakan berbagai doa pernikahan yang ditujukan demi kebahagiaan, kelancaran prosesi pernikahan, bahkan kemudahan memperoleh keturunan.

Baca Juga :   Doa Orang Teraniaya dan Hadistnya (Arab, Latin dan Terjemah)

Berikut ini adalah doa-doa pernikahan yang biasa diucapkan seseorang ketika mendengar kabar pernikahan orang lain.

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Barakallahu laka, wa baraka ‘alayka wa jama’a baynakuma fi khayr

Artinya : “Mudah- mudahan Allah SWT memberkahimu, baik ketika kamu sedang senang maupun kamu sedang susah. Dan Allah SWT selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan” (HR Abu Dawud)

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Allahummagfirlahum warhamhum wabairik lahum fimma razaqtahum

Artinya: “Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka, pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka” (HR Ahmad)

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُم،ْ وَارْحَمْهُمْ

Allahumma baarik lahum fimma razaqtahum waghfir lahum warhamhum

Artinya: “Ya Allah, berkahilah apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka, ampunilah mereka dan sayangilah mereka” (HR Muslim)

اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

Allahumma atghim man at’amanii wasqi man saqoonii

Artinya: “Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang telah memberi makan kepadaku. Dan berkahilah minum kepada orang yang telah memberi minum kepadaku” (HR Muslim)

أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُوْنَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ اْلأَبْرَارُ، وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ الْمَلاَئِكَةُ

Aftoro ‘indzakumusshooimuuna waakala tho’aa makumulabrooru washollat ‘alaykumulmalaikah

Artinya: “Telah terbuka di sisi kalian orang-orang yang berpuasa, dan telah menyantap makanan kalian orang-orang yang baik, dan para malaikat telah mendoakan kalian”

Doa-doa pernikahan yang telah disebutkan diatas biasanya dibacakan ketika seseorang menghadiri pernikahan. Semua orang yang datang pasti ikut merasakan kebahagiaan pasangan pengantin.

Upacara pernikahan selain bermaksud untuk meresmikan suatu hubungan juga dimaksudkan untuk berbagi kebahagiaan dengan teman, kerabat, saudara tetangga bahkan kadang-kadang anak yatim

Baca Juga : Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Baca Juga :   Wanita Sholeha (Wanita Idaman): Alasan, Sifat dan Ciri-ciri

Menikah bukan hanya merupakan moment untuk peresmian hubungan tetapi juga menjadi sunnah dalam Islam.

Karena menikah memiliki banyak keutamaan, bukan hanya untuk mencegah perzinaan dan mendapatkan keturunan tetapi ada banyak hal lain yang lebih utama.

Adapun keutamaan menikah selain doa pernikahan yang telah disebutkan dalam berbagai riwayat, sebagai berikut.

Keutamaan Menikah Menurut Islam Disamping Doa Pernikahan

Keutamaan Menikah dalam Islam
Keutamaan Menikah dalam Islam (Source Image: Pixabay.com)

1. Menyempurnakan Separuh Ibadah Umat Manusia

Islam sangat memuliakan sebuah pernikahan, apalagi jika pernikahan tersebut dilakukan dengan tujuan ibadah. Maka wajar jika doa pernikahan banyak disampaikan demi kelancaran proses pernikahan.

Baca Juga : Doa Bercermin serta Adab Bercermin

Ibadah seseorang yang telah menikah nilai pahalanya tentu lebih besar daripada daripada orang yang belum menikah. Karena beban orang yang telah menikah juga lebih besar.

2. Menjalankan Sunnah Rasul

Berbagai ayat dalam Al Quran menyatakan bahwa manusia diciptakan berpasang-pasangan, laki-laki dengan perempuan, muslimin dengan muslimah, muslim yang baik dengan muslimah yang baik pula.

Sudah menjadi fitrah seorang laki-laki untuk menikah dengan perempuan. Oleh karena itu menikah disunnahkan oleh Rasul, dan doa pernikahan adalah upaya untuk melancarkannya

3. Menjaga Kesucian Diri Dari Perbuatan Tercela

Hubungan pernikahan dapat mencegah muslimin dan muslimah dari dosa-dosa besar seperti zina. Kesucian diri bentuknya bukan hanya berupa kesucian jasmani, tetapi juga rohani.

Baca Juga : Doa Orang Teraniaya

Seseorang yang telah menikah akan terhindar dari berbagai maksiat. Seperti yang disebutkan dalam doa pernikahan tentang ampunan dan perlindungan bagi mereka yang melangsungkan pernikahan.

4. Menjauhkan dari Perbuatan Zina yang Merugikan Diri Sendiri Maupun Orang Lain

Perbuatan zina ada banyak sekali jenisnya. Zina adalah perbuatan yang didasari oleh nafsu. Setiap manusia diciptakan oleh Allah lengkap dengan akal pikiran, perasaan dan nafsunya.

Baca Juga :   Sifat Wajib Rasul, Sifat Mustahil Rasul (Penjelasan & Gambar)

Namun demikian nafsu kadang sulit dikendalikan. Menikah dapat membantu seseorang mengendalikan nafsunya, seperti yang telah dituliskan dalam doa pernikahan.

5. Menyambung Silaturahmi Antar Dua Keluarga yang Berbeda Budaya

Menikah bukan hanya menyatukan dua insan yang saling jatuh cinta, tetapi juga menyatukan dua keluarga yang berbeda. Orang-orang yang awalnya tinggal berjauhan dapat dipertemukan melalui sebuah pernikahan.

Hubungan pernikahan akan menambah saudara, dan menyambung tali silaturahmi diantaranya. Maka doa pernikahan juga dibacakan untuk keutamaan ini.

6. Membentengi Akhlak Diri dari Berbagai Keburukan

Setiap orang yang telah menikah akan dibebani sebuah tanggung jawab. misalnya saja menjaga perasaan istri atau suami.

Dengan begitu, seseorang yang sudah menikah akan menghindarii perbuatan yang dapat menyakiti pasangannya.

Demi isi dan tujuan itulah doa- doa pernikahan biasa disampaikan, demi kebahagiaan dan perlindungan dari segala macam keburukan.

7. Membuka Pintu Rezeki Seseorang yang Kadang Sulit Mengalir

Setiap manusia diciptakan beserta rezeki masing-masing. Menikah adalah menyatukan dua orang, yang berarti pula menyatukan dua rejeki yang telah disematkan pada masing-masing individu.

Baca Juga : Doa Qunut 

Doa pernikahan yang juga bertujuan untuk kemudahan dan kemurahan rejeki dari Allah SWT. Rejeki tidak melulu berbentuk materi, tetapi juga berbentuk kebahagiaan, keturunan dan sebagainya.

8. Menghindarkan Diri dari Fitnah, Ghibah dan Gunjingan Tetangga

Ada yang bilang saat laki-laki dan perempuan berduaan maka ketiganya adalah setan. Hal ini berarti saat berduaan mereka kemungkinan dapat berbuat zina. Namun lain halnya bagi orang yang sudah menikah.

Orang tidak akan menggunjingkan orang yang sudah menikah dengan tuduhan zina. Mereka malah akan mengucapkan doa pernikahan agar keduanya berbahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.