Statistika: Pengertian, Asal Usul, Perbedaan dan Fungsi

Pengertian Statistika

Tahukah Anda tentang apa itu arti kata dari statistika ? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata tersebut memiliki arti kata yakni sebuah cabang ilmu pengetahuan yang mengumpulkan, mentabulasikan, menggolongkan, menganalisis dari keterangan narasumber yang kemudian diubah menjadi bentuk angka-angka.

Jadi, dapat dikatakan bahwa kata statsstika adalah sebuah kata yang menerangkat tentang salah satu cabang ilmu pengetahuan dan penelitian.

Maka tak heran bila di Indonesia terdapat beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan tentang percabangan ilmu pengetahuan dan penelitian tersebut.

Asal Usul Kata Statistika

Asal Usul Statistika

Asal usul dari istilah tentang percabangan ilmu pengetahuan dan penelitian ini berasal dari bahasa asing yakni Bahasa Inggris yakni “statistics”.

Kemudian suku kata “statistics” tersebut berasimilasi dan berubah struktur ejaan dan pelafalannya menjadi kata statistika sehingga dianggap menjadi salah satu suku kata Bahasa Indonesia yang baku dan terdapat di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang baku.

Pengertian Statistika di Wikipedia

Perbedaan Kata Statistika Dengan Statistik

Pada suku kata yang baku dan sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), terdapat 2 suku kata yang secara ejaan dan pelafalan tidak jauh berbeda yakni kata “statistika” dengan “statistik”.

Lalu apa perbedaan dari kedua suku kata tersebut? Apakah memiliki arti kata yang sama atau justru berbeda artinya?

Baca Juga :   Kalimat Pasif: Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Contoh

Tentu saka kedua suku kata tersebut memiliki perbedaan arti namun memiliki kesamaan maksud dari arti kata kedua suku tersebut.

Arti dari suku kata tersebut memiliki makna dan juga arti yakni sebuah cabang ilmu pengetahuan yang menyajikan sebuah data atau fakta dengan cara mengumpulkan, mentabulasikan, menggolongkan, dan menganalisis sebuah fakta dari keterangan narasumber yang kemudian diubah menjadi angka-angka.

Sedangkat, arti suku kata dari istilah statistik ini memiliki arti makna yakni sebuah hasil data yang telah diolah sebelumnya dengan menggunakan rumus-rumus penghitungan dan juga hasil analisis-analisis peneliti yang kemudian disajikan dalam bentuk tabel, diagram, ataupun grafik.

Jadi itulah perbedaan antar dua suku kata yang sama-sama diadopsi dari bahasa asing yakni Bahasa Inggris yang kemudian berubah ejaan dan pelafalannya menjadi suku kata Bahasa Indonesia dan telah sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dan juga masuk dalam suku kata pada Kamus Besar Bahasa indonesia (KBBI).

Fungsi dari Istilah Kata Statistika

Fungsi Statistika

Sebagai penggalan suku kata yang baku menurut Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), istilah dari kata statistika ini memiliki berbagai fungsi.

Untuk itu inilah beberapa fungsi dari istilah kata tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Arti Dari Sebuah Ilmu Pengetahuan

Arti yang pertama adalah menunjukkan bahwa penggalan suku kata tersebut menunjukkan arti sebagai sebuah ilmu pengetahuan.

Ya, kata yang diadopsi dari bahasa Inggris tersebut memiliki arti sebagai ilmu pengetahuan dan penelitian yang banyak digunakan oleh para periset atau peneliti dalam meneliti segala fenomena atau hal-hal yang patut untuk diteliti.

2. Menunjukkan Nama Kejuruan Universitas

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jususan-jurusan ilmu pengetahuan yang tentunya banyak diminati oleh para mahasiswa baru termasuk jurusan ilmu statistika.

Baca Juga :   Teks Editorial: Pengertian, Manfaat, Fungsi, Jenis dan Struktur

Ya, percabangan ilmu tersebut menjadi salah satu jurusan universitas yang banyak diminati karena tingginya potensial pekerjaan yang ditawarkan bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan studi di bidang jurusan tersebut.

Maka dari itu tak heran bila banyak universitas yang membuka jurusan percabangan ilmu dari penghitunngan dalam penelitian tersebut banyak diminati dan disukai oleh para mahasiswa-mahasiswa baru.

3. Menunjukkan Nama Pekerjaan

Tahukah Anda bahwa ilmu penghitungan penelitian tersebut juga mengandung makna dari sebuah nama atau jenis pekerjaan ?

Ya, kini terdapat jenis bidang pekerjaan baru yakni sebagai interviewer maupun peneliti yang banyak bekerja di instansi Badan Pusat Statistik (BPS).

ilmu tersebut sangat berguna bagi para interviewer dan juga peneliti yang tengah meneliti suatu permasalahan seperti tingkat kesenjangan sosial, tingkat kemiskinan masyarakat Indonesia, tingkat penerimaan pajak Indonesia, dan permasalahan lainnya.

Untuk itu, ilmu tersebut pun juga menunjukkan sebuah nama pekerjaan yang bertujuan untuk meneliti fenomena-fenomena permasalahan dunia termasuk Indonesia.

Oleh karena itu penggalan suku kata yang berarti tentang percabangan ilmu pengetahuan dan penelitian tersebut juga memiliki fungsi sebagai penunjuan nama suatu profesi atau pekerjaan.

Manfaat Menggunakan Ilmu Statistika

Manfaat Statistika

Beberapa orang tentu saja merasakan manfaat akan penerapan ilmu statistika dalam kehidupan sehari hari termasuk manfaat dalam menjalankan profesi ataupun menjalankan jenis pekerjaannya.

Oleh sebab itu, inilah beberapa manfaat-manfaat yang akan Anda rasakan ketika tengah menerapkan ilmu pengetahuan dan juga penelitian tersebut. Diantaranya adalalah sebagai berikut ini :

1. Mengumpulkan dan Mengolah Data Penelitian

Manfaat dari ilmu yang digunakan dalam jenis penelitian kuantitatif ini bermanfaat dalam mengumpulkan dan juga mengolah data hasil interview narasumber.

Ya, dalam pengambian sampel dari data populasi tentu saja menggunakan ilmu statistika dalam menentukan rumus manakah yang cocok untuk digunakan dalam jenis penelitian yang tengah Anda teliti.

Baca Juga :   Silogisme: Pengertian, Struktur, Jenis, Contoh, Pembahasan

2. Menggambarkan Hasil Data Penelitian Dalam Bentuk Tabel, Diagram, dan Grafik

Manfaat kedua dari ilmu yang banyak digunakan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas skripsi ini bermanfaat untuk menggambarkan hasil data penelitian dalam bentuk tabel, diagram, maupun dalam bentuk grafik.

Tujuannya adalah agar mempermudah mempresentasikan hasil penelitian kepada khalayak luas sehingga pendengar dapat melihat dan juga menangkap hasil penelitian dan jua hasil analisis penelitian yang telah Anda selesaikan.

Oleh sebab itu jenis penelitian kuantitatif ini selalu menggunakan ilmu statistika dalam proses pengerjaan penelitiannya mulai dari rumus pengambilan data pada narasumber hingga memilih rumus pengelolaan data dan juga analisis data.

Ilmu statistika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan dan juga penelian yang mana banyak digunakan sebagai rumusan proses penelitian jenis kuantitatif yang mana penelitian kuantitatif tersebut menyajikan angka-angka untuk menjelaskan tentang solusi atau hasil penelitian yang tengah dilakukan oleh periset atau peneliti.

Kata statistika sendiri berasal dari bahasa asing yakni bahasa inggris yang kemudian berasimilasi dan mengalami perubahan ejaan dan juga pelafalan kata sehingga kini diadopsi menjadi penggalan suku kata bahasa Indonesia sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan dan termasuk di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.